top of page
  • Writer's pictureChristine Devina

Manfaat Dari Wortel Olahan Indonesia


Tanaman Wortel adalah tumbuhan biennial yang menyimpan karbohidrat dalam jumlah besar untuk tumbuhan tersebut berbunga pada tahun kedua. Batang bunga tumbuh setinggi sekitar 1 m, dengan bunga berwarna putih, dan rasa yang manis langu. Bagian yang dapat dimakan dari manfaat wortel adalah bagian umbi atau akarnya. Wikipedia

Wortel Indonesia baik sejarah tertulis maupun studi genetik molekuler menunjukkan bahwa wortel domestik memiliki asal tunggal di Asia Tengah. Nenek moyangnya yang liar mungkin berasal dari ciri ciri wortel Persia (wilayah yang sekarang menjadi Iran dan Afghanistan), yang tetap menjadi pusat olahan wortel keragaman kandungan wortel Daucus carota liar.


BACA JUGA

Data Nutrisi

Fakta gizi untuk dua wortel mentah ukuran kecil hingga sedang (100 gram) adalah: Kalori: 41. Air: 88% Protein: 0,9 gram. Karbohidrat: 9,6 gram.

Pkv Games Gula: 4,7 gram. Serat: 2,8 gram. Lemak: 0,2 gram

Manfaat Wortel

Wortel atau dalam bahasa latinnya disebut Daucus carota adalah tumbuhan sayur yang dapat ditanam sepanjang tahun. Terutama didaerah pegunungan yang memiliki suhu udara dingin dan lembab. Tumbuhan ini membutuhkan sinar matahari dan dapat tumbuh pada semua musim. Carrot mempunyai batang daun basah yang berupa sekumpulan pelepah (tangkai daun) yang muncul dari pangkal buah bagian atas (umbi akar), mirip daun seledri.

Menurut para botanis, wortel (Daucus carota) dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, diantaranya : • Jenis imperator, yakni wortel yang memiliki umbi akar berukuran panjang dengan ujung meruncing dan rasanya kurang manis. • Jenis chantenang, yakni wortel yang memiliki umbi akar berbentuk bulat panjang dan rasanya manis. • Jenis mantes, yakni wortel hasil kombinasi dari jenis wortel imperator dan chantenang. Umbi akar wortel berwarna khas oranye. Berikut adalah sederet manfaat wortel yang perlu Anda ketahui. Siapa tahu ada resep yang Anda butuhkan. • Wortel merupakan jenis sayuran terpopuler keduya setelah kentang. Bahasa inggrisnya wortel mengandung vitamin A yang tinggi. Vitamin A dan Beta karoten kadang – kadang diresepkan untuk hal yang sama, karena beta karoten didalam tubuh dikonversi menjadi vitamin A. Beta karoten sendiri termasuk dalam golongan karotenoida dan telah diidentifikasi terdapat lebih dari 600 jenis karoten yang berbeda. Antara lain yang cukup dikenal didunia kesehatan adalah karoten, lutein, dan lycopen. cc: Daftar Situs Agen Bandar Judi Online

10 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page