top of page
  • Writer's pictureChristine Devina

Tips Cara Memperbaiki Motor Mogok Terendam Banjir ¦ Online Berita Otomotif


Tips Cara Memperbaiki Motor Mogok Terendam Banjir ⚫ OnlineBerita.com tips & trik Otomotif Mengatasi Motor Mogok Karena Banjir, Mesin Motor Mati, Kick Starter Mogok, Motor Mogok Terendam Banjir


Motor Mogok Terendam Banjir, Jangan Panik Ini Solusinya

Untuk temen-temen yang motornya mogok karena melewati banjir. Jangan memaksa menghidupkan mesin mesin mogok terendam air & lalu menggeber2 dengan tujuan mengeluarkan air atau menghilangkan mesin brebet.

Jika setelah melewati air lalu sepeda motor mogok dan dicoba disela sepeda motor masih hidup jangan langsung di geber karena bisa terjadi “water hammer”, yaitu air di sedot masuk keruang bakar lalu di kompresi oleh piston yang menuju TMA.

Bila dalam keadaan normal, saat piston menuju TMA dan terjadi proses kompresi maka uap bensin akan terbakar lalu terbuang, tapi bila air yang dikompresi maka air tak dapat terbakar, dan sesaat sebelum air tersebut terbuang lewat klep out maka terjadilah water hammer.

Bila motor di geber sampai 7.000 rpm saja selama 1 menit, berarti sudah terjadi 7.000 x water hammer dalam 1 menit itu. Makin tinggi kompresi motor tersebut. Untuk yg motornya badai maka makin kuatlah water hammernya dan resiko klep bengkok, stang seher bengkok, kepala piston bolong, pinggiran piston grepes dan ring akan patah.

Jadi langkah yang tepat bila selepas melewati banjir motor mogok lalu disela masih bisa hidup. Biarkan nyala tanpa di geber2 sambil jaga stasioner mesin supaya gak mati dan brebetnya hilang barulah lanjutkan perjalanan.

Tapi bila disela berkali2 mesin motor mati gak hidup, maka bukalah busi atau kendorkan, keringkan area kabel busi, kop/tutup busi sampai sekitar koil. Lalu coba sela berkali2 sampai air di ruang bakar keluar semua, setelah itu baru pasang/kencangkan lagi businya dan coba disela.

Bila memperbaiki motor terendam banjir berjam2 diparkiran atau dirumah sebaiknya jangan di sela apalagi kontak on, setelah banjir surut langsung saja buang olinya, lepas filter olinya, kendorkan/buka businya (dalam keadaan kontak off). Lalu sela terus sampai gak ada air yang keluar dari lubang busi/lubang knalpot sampai benar2 yakin bersih dan tidak ada airnya.

Setelah itu ganti dan pasang filter oli yang baru, jangan yang bekas. Karena filter oli yg terkena air otomatis sudah mampet, dan oli gak naik nantinya.

Tuang oli baru (oli murah aja dulu), pasang/kencangkan busi. Jangan lupa membersihkan karburator,, filter udara diganti atau dilepas sekalian aja utk sementara.

Lepas body lalu keringkan semua kabel2, soket, area sikring, koil dll, bisa pakai lap/angin kompresor atau jemur aja motornya panas2an. Setelah kering baru kontak on dan coba disela/hidupkan.



Jangan pakai elektrik stater karena kl gak hidup2 resiko accu nya bisa drop/habis setrum. Setelah mesin hidup, panaskan dgn stasioner jgn digeber2 sampai brebetnya hilang.

Jika mesin sudah bisa nyala dan stasioner sudah normal silahkan buang lagi olinya, lepas filter olinya, lalu ganti yang baru lagi. Dan motorpun siap buat jalan dan baik (normal) kembali.

Selamat mencoba. Semoga kalian beruntung. Jika kurang beruntung, barulah bawa kebengkel dan belah mesin and keringkan kabel body dan kelistrikan total. Sembari menunggu silahkan klik Daftar Agen PkvSAKONGKIUAgen Judi Bandar Online, Pokerqq, Dominoqq, Bandarqq, Sakongqq. Lumayan WD nya kepake bayar bengkel + jajan 😛

Bantu Share Jika bermanfaat.. 👍👍👍 Online Berita Otomotif



4 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page